Tuesday, August 09, 2011

Warung 'Ngapung' @Halong Bay, Vietnam

VIETNAM.
Entah kenapa negara ini menjadi begitu menarik setelah sempat saya kunjungi sebulan yang lalu. Negara yang baru merdeka kurang lebih 30th-nan ini masih sangat etnik dan tradisional. 
Penduduk yang berhasil saya kunjungi dan sempat saya ajak bicara *juga foto-foto :) * adalah penduduk Halong yang lebih dikenal dengan nama 'Halong Bay'. 

Halong Bay sendiri adalah salah satu teluk pariwisata yang menjadi tujuan utama banyak turis Vietnam, termasuk keluarga saya. Halong Bay memang memiliki daya tarik sendiri karena pulau-pulau yang kecil yang tersebar di teluk dekat Cina Daratan tersebut memang sangat banyak, sangat beragam dan sangat unik. Inilah yang membuat pemandangan di Halong Bay memang sangat-sangat indah. Namun sayang, namanya juga tempat pariwisata ya pasti sudah tercemar.

Sekedar info, jangan menyesal ketika memasuki kamar mandi di pelabuhan Halong. Its totally dirty! Dan parahnya, toilet pelabuhan tersebut memiliki dwifungsi. Selain sebagai kamar mandi yang seharusnya BISA menjadi tempat bersih-bersih, toilet disini sekaligus menjadi 'gudang' si penjaga toilet. parahnya, kita juga harus membayar 2000 Dong (Rp 1000) untuk toilet tersebut. Yang bahkan tissue pun tak ada. Air pun nyaris tak tersedia. Lebih tepatnya, fasilitas toilet tersebut hanya 'toilet' / lubang tempat pembuangan. Tau gitu mending saya gali lobang sendiri *hehehe*

Ya lupakan. itu adalah salah satu pengalaman 'menyebalkan' tapi sarat akan ilmu. Di salah satu pulau kecil Halong Bay, terdapat sebuah desa air yang rumah bahkan sekolahnya dibangun mengambang-ngambang diatas air. Bahkan takjubnya saya, penduduk sekitar menjajakan makanan dan minuman ringan (ciki, biskuit, coklat, minuman bersoda) yang biasa menjadi teman berlibur diatas sampan. Nekatnya lagi, mereka menjajakan dagangan tersebut kepada house boat yang jelas-jelas lebih besar. Gak takut ketabrak apa ya?

Saya sempat ngobrol dengan salah satu keluarga disana. bahkan ngobrol dengan sang nenek yang masih cantik walaupun sudah berumur 70th lebih


sumber : Dokumentasi Pribadi

Nenek ini sedang bermain bersama cucu-cucunya. Sedangkan putri nenek ini sedang menjajakan makanan dengan sampannya. Saya sangat bahagia karena diperbolehkan berfoto bersamanya. karena sewaktu di kota, sebagian besar orang Vietnam mengatakan "NO" dengan sangat keras walaupun lensa kamera hanya terarah ke dirinya. 


Sumber : Dokumentasi Pribadi\

Ini adalah kedua putri nenek yang sedang menjajakan makanan-makanan ringan diatas sampan. Terlihat pemandangan Halong Bay yang begitu indah di belakang mereka. Jumlah warung 'ngapung' di Halong Bay mencapai puluhan. Ajaibnya, semua pedagang 'warung ngapung' adalah wanita. Baru ku ketahui sesudah pergi kesana bahwa memang di Vietnam, wanita lah yang diandalkan dalam perekonomian keluarga.



Sumber : Dokumentasi Pribadi

Nenek bersama dengan cucu-cucu nya. Terlihat salah satu houseboat yang sedang menepi



Sumber : Dokumentasi Pribadi


Sumber : Dokumentasi Pribadi

Inilah beberapa pemandangan yang sangat sering dijumpai di Halong Bay. 

Tertarik ke Vietnam ? :)
hehehehe post-ing an ini tidak bermaksud mempromosikan apapun :D Tapi, kalau ada yang ke Vietnam... jangan lupa oleh-oleh nya yaaaa huahuahuahua XDDD


7 comments:

  1. KEREN!!!!
    ah jadi pengen kesana *tunggu sampe punya duit tp entah kapan punya duitnya hahaha*

    ReplyDelete
  2. IYA KAR INI TEMPAT EMANG BENER2 KEREN!
    gak heran juga banyak film2 yg syut di HAlong Bay ini... salah satunya film james bond!

    jujur kar, ke vietnam itu murah. Selain karena mata uang mereka nilainya di bawah kita 50%, ada banyak pesawat yang ngasih harga promo buat ke vietnam. Hotelnya pun murah. asik deh! malah, lebih murah ke vietnam drpada ke kalimantan :) tp yaaa.. kalo gw punya uang jg maunya gw ke kalimantan aja~ Cinta Indonesia wakakakakkaka XDD

    ReplyDelete
  3. oh ya??? eh ngi kapan2 kita backpacker yuk! yg jauh sekalian mau gak?! abis kayanya lo orangnya enak di ajak traveling yg jauh2 dan menantang gitu :) gimana kalo setelah lo lulus dan udah dapet universitas?

    ReplyDelete
  4. BOLEH BANGET! Jujur ya kar... sebenernya gw ama tari udah punya rencana buat backpacker-an ke thailand tahun depan pas liburan panjang. Kita udah nge search hotel sampe bikin rundown. Mau ngikut gila2 an? kita sih berusaha meminimkan budget sampe dibawah 5JT. Jd emang mau edan2 nan aja... hmm... tertarik ngikut? rencananya sekitar desember-januari kita udah book pesawat biar dapet harga promo :)

    ReplyDelete
  5. THAILAND????! BOLEH BANGET!!!! gw ikut dooooooong!!!! Tapi gw harus urus paspor dulu karna gapunya -_-'' Boleh bgt tuh! gw serahkan semua ke lo sama tari yah hahaha gw kan kuliah dan jauh juga nih, ntar lo kabar2in aja gimana2nya hahahaha ok ok (y) rencana buat bulan apa ngi?
    soalnya saran gw nih ya, kan mau kuliah itu jadwal suka tiba2 rusak ya gara2 pendaftaran lah, ujian masuk, trus tiba2 apa ina itu gitu loh hehehehe

    ReplyDelete
  6. wih..keren banget..ternyata ada pasar apung yg menarik. bsa buat tujuan wisata yg cukup memuaskan nih..^__^


    follow back
    http://akhsanant.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Terimakasih sudah membaca blog ku! :D
    ehem... sebetulnya itu kurang pas kalau di sebut sebagai pasar apung. Karena sebetulnya transaksi di sana tidak seramai dan sebesar yang terjadi di Kalimantan. Seperti yang di iklan RCTI itu lhooo :)) hehehehehe
    tempat ini lebih ke warung-warung yang menjual makanan ringan seperti biskuit, coklat, permen dll.

    Yup Vietnam sangat memuaskan!
    salam kenal :)

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda :D