Monday, January 14, 2013

Karuan

tidak disangka hal yang paling menyulitkan adalah hal yang sebetulnya sederhana! sederhana? apa iya itu sederhana? atau.. sebetulnya itu memang tidak sederhana?
Memiliki banyak waktu luang tidak semenyenangkan yang sebelumnya kupikir. Padahal memiliki banyak tugas pun, tidak semenyenangkan yang aku ingat. 
Ada begitu banyak hal yang aku harus capai. Sekalipun tahu, tapi tidak semudah itu untuk bergerak. Padahal itu sangat sederhana. Yang kupikir, bisa kulakukan dengan mudah. Karena itu lebih menyenangkan dari yang sebelumnya. 
Lebih aku dari sebelumnya pun tidak semudah yang kusangka. bahkan aku sudah lupa tolak ukur 'aku' itu ada seperti apa. Siapa 'aku' pun sulit untuk dideskripsikan. Bersama orang lain, 'aku' bisa menjadi siapa saja. 
Berbaur dengan manusia itu membuat segalanya menjadi rumit. Tetapi menjadi sendiri, jauh lebih rumit. Justru dengan sendiri, ada banyak manusia hayal tercipta, yang membuat dunia menjadi terasa lebih mengerikan.
Menggerakkan diri jauh lebih sulit daripada menggerakkan orang lain. Menolehkan kepala, jauh lebih berat daripada berjalan kaki berkilo-kilo. 
Kalau aku bilang 'iya', belum tentu artinya 'iya'. Kalau aku bilang tidak, kurasa nasibnya sama seperti 'iya'. Mengapa harus ditutup-tutupi? 
Hal yang menyenangkan malah jauh jadi lebih menyulitkan. Menghabiskan banyak pikiran, ruangan otak, plus menghancurkan rencana. 
Inikah, dunia masyarakat yang dimaksud? atau.. ini baru permulaan?
Pos seperti ini hanya bisa kutulis ketika aku menjadi 'aku' yang 'aku' sekarang. Aku beberapa menit kedepan, mungkin akan menyesalinya, tetapi tetap membiarkannya ada karena penting untuk catatan pribadiku. Biarpun kukatakan ini pribadi tapi aku tak mempermasalahkan dia ada di dunia maya. Sekalipun ada banyak yang membaca, belum tentu mereka dapat menebak apa isi tulisanku. Semua orang memiliki cara menangkap sebuah bacaan masing-masing, sesuai dengan diri mereka. Bahkan bacaan yang jelas sekalipun, seperti koran. Sebuah informasi sederhana saja bisa menjadi salah tangkap ketika orang yang berbeda membacanya. Apalagi, tulisan tak karuan?

No comments:

Post a Comment

silahkan tulis komentar anda :D