Saturday, January 14, 2012

si bintang terang

Sulitnya sebuah teori adalah, memahami lalu mempraktekkannya dalam kehidupan. Apalah arti teori kalau hanya di hafal dan diucapkan. Teori akan terasa lebih bermanfaat kalau kita benar-benar melibatkannya dalam kehidupan.

Sekarang, giliran teori yang satu itu tiba. Waktu itu aku pernah bertanya pada guru agamaku di sekolah
"bu, sesulit inikah untuk menjadi orang yang ikhlas?"
"Tentu. Itulah mengapa, hal itu dianjurkan dan besar balasannya di akhirat"

Sontak aku terkejut. Menyadari sebuah hal yang tak pernah kusadari. Itulah alasan mengapa seseorang yang mendalami agama akan dianggap sebagai seseorang yang berilmu dan beretiket tinggi. Bahkan kecerdasan Beragama sudah diakui sebagai salah satu kecerdasan tertinggi selain penguasaan ilmu hitung atau penguasaan sebuah keahlian bidang seni. Itulah mengapa, ikhlas sangat sulit untuk dilakukan dan di praktekkan. Aku paham.

Dihadirkan sebuah bintang dalam hidupku. Bintang muda yang polos. Yang terus mencari-cari hingga pada akhirnya mencapai sebuah titik dimana ia mengerti apa yang dimaksudkan orang-orang dewasa disekitarnya mengenai hidup. Aku diberikan kesempatan bersamanya. Mengenal, memahami, merasakan. Bukan hanya aku, bintang terang itu terus mengajarkanku banyak hal yang belum pernah aku mengerti. Aku mendapatkan pelajaran yang sulit. Dimana perasaan monopoli dari keegoisan manis muncul, lalu menetap entah sampai kapan.

Bintang terang tetap ada disana. seolah enggan pergi, enggan terus disini. Apalah artiku jika kau tak menemukan hidupmu? Kalimat itu terus membayangi keegoisan busukku yang semula hanya main-main. Tak adalagi yang dapat kulakukan.

Itu hidupmu. hai bintang terang, sebelum kau benar-benar pergi dari hadapanku, setidaknya katakanlah sebuah kalimat. sematkan namaku di dadamu, itu cukup. Doakan aku, sematkan aku. hidupku masih panjang. Ribuan warna menantiku di luar sana. Begitupun denganmu.

Hanya satu harapanku, semoga suatu saat nanti, kita dapat bertemu, berkumpul lalu tertawa ketika membicarakan hari ini. Doakan aku, sematkan aku.

Wahai kawan, aku sayang padamu.
Published with Blogger-droid v1.7.4

No comments:

Post a Comment

silahkan tulis komentar anda :D